Pentingnya Persatuan Indonesia

   Kita semua pasti pernah memakai pesil warna,yang mempunyai banyak pilihan warna namun tetap memiliki keselarasan saat digunakan. Begitu pula dengan bangsa Indonesia, memiliki banyak sekali perbedaan dalam suku,ras,agama,dan banyak lagi. Perbedaan itulah yang menjadi khasnya sendiri. Perbedaan yang membawa bangsa Indonesia memperkenalkan budaya mereka masing- masing ke jendela dunia. Perbedaan yang indah,yang seharusnya dijaga dengan baik agar tetap menjadi suatu hal yang tak terlupakan. Dalam kehidupan sehari- hari kita kerap melihat atau bahkan mengalami perbedaan tersebut. Hal ini yang membuat hubungan antarmasyarakat mengerat. Tidak ada keegoisan,hanya ada kebersamaan. Tidak ada kekerasan, dan hanya ada keharmonisan.

   Namun kerap kali hal ini yang menjadi kesempatan untuk beberapa pihak untuk memisahkan bangsa Indonesia.Salah satu kasus yang kita kenal dengan "Peristiwa Penurunan Patung Buddha di Sumatra Utara". Peristiwa ini jelas melanggar UUD no 29 tahun 1945, yang menyatakan bahwa tiap tiap  penduduk dapat memeluk agama dan kepercayaan nya masing masing. Oleh sebab itu,kita harus bisa menjaga keberagaman yang ada. Karena jika bukan kita yang jaga,siapa lagi?


   Persatuan adalah satu hal yang penting agar suatu negara terjaga. Dalam Indonesia sendiri terdapat banyak perbedaan yang sangat beragam. Untuk menjaga perbedaan ini, kita dapat saling menghargai dan menghormati sesama. Dengan begitu tidak akan terjadi perpecahan yang mengacam.

Posting Komentar

0 Komentar