Resume tentang Teks Observasi

Pada dasar nya teks observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Teks observasi dibagi menjadi tiga bagian yaitu pernyataan umum, deskripsi bagian dan juga kesimpulan.
 Dalam pernyataan umum biasa terdapat pembukaan, yang isi nya imfomasi  umum hal yang akan disampaikan. Bagian ini berisi hal umum tentang objek yang dibahas dan  menjelaskan secara garis besar tentang objek tersebut. 
Dalam deskripsi bagian biasa terdapat pembahasan secara detail dan serinci mungkin.
 Dalam kesimpulan terdapat semua yang telah di bahas dalam teks tersebut dalam bentuk yang lebih pendek.
Bagaimana kita menentukan jika teks tersebut adalah  teks observasi ?Perhatikan jika ada  kalimat pasif,kalimat definisi,penulisan istilah latin,kata sifat dan kata umum dan kata khusus.
Cara menyusun teks hasil laporan observasi:
1. Tentukan objek yang akan kamu amati.
2. Susunlah jadwal observasi yang akan kamu kamu lakukan.
3. Lakukanlah observasi terhadap objek tersebut dengan menyiapkan pertanyaan atau poin-poin pengamatan terlebih dahulu.
4. Catatlah hasil observasimu dengan memerhatikan ketepatan isi, struktur dan kaidah kebahasaannya. Bila memungkinkan ambil foto dan videokan observasimu.
5. Meneliti kembali hasil penulisan teks, jika ada kalimat janggal atau salah penulisan, segera perbaiki kembali. 
 Contoh teks observasi:
                   Beruang Madu
Beruang madu adalah jenis beruang terkecil di antara delapan jenis beruang yang terdapat di dunia. Tinggi tubuhnya hanya berkisar di angka 140 cm, dengan tinggi punggung 70 cm dan bobot antara 50 hingga 65 kg.

Bulu yang cenderung pendek namun berkilau terlihat menutupi seluruh tubuh beruang madu kecuali telapak kaki. Terdapat ciri yang sangat khas pada tubuh beruang madu yaitu tanda berwarna jingga yang berada tepat di bawah leher.

Beruang madu hidup di pepohonan. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan 48 km/jam dan memiliki tenaga yang amat kuat. Karena tergolong mamalia, betina-betina beruang madu menyusui bayi mereka setelah beranak.

Hewan ini tergolong pemakan segala. Mereka tidak hanya mengonsumsi madu sesuai namanya, tapi juga beragam buah dan tumbuhan dalam hutan hujan tropis, termasuk pula tumbuhan jenis palem.

Selain madu dan tanaman, beruang madu juga senang memakan serangga, burung, serta binatang kecil lainnya.

Meski tenaganya amat kuat, beruang madu tergolong binatang yang mudah diserang. Mereka juga terancam punah karena habitat aslinya telah hilang dan dirusak.

Posting Komentar

0 Komentar